Perlunya Memiliki Hobi di Waktu Senggang 

WomanIndonesia.co.id – Untuk sebagian orang berada di suatu rutinitas terus menerus sangatlah bagus karena membuatnya selalu mengetahui apa yang akan dilakukannya nanti sehingga membuat hidup atau yang dihadapinya menjadi lebih mudah.

Namun, untuk beberapa orang lainnya, yang banyak menghabiskan waktu di luar rumah, atau bekerja setiap harinya, hal itu bisa membuat mereka lelah atau bosan karena mengerjakan sesuatu yang sama dalam jangka waktu lama.

Salah satu manfaat dari memiliki hobi adalah dapat membantu mengatasi stres selagi melakukan sesuatu yang senang dikerjakan.

Menghabiskan waktu mengerjakan aktivitas yang tidak terikat dengan pekerjaan atau hal lainnya, ternyata dapat membantu meningkatkan kebahagiaan dan kepuasaan seseorang dengan hidupnya.

Tanpa memiliki suatu hobi, hidup mungkin akan menjadi membosankan, penuh tekanan dan berakhir dengan rutinitas yang tidak sehat. Hobi juga membantu membuat performa pekerjaan menjadi lebih baik dan kemampuan menjaga hubungan dengan keluarga dan yang lainnya menjadi lebih sehat.

Dikutip dari Develop Good Habits, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan memiliki hobi. Pertama, hobi sebagai penghilang stress. Hobi adalah aktivitas menyenangkan yang membuat seseorang melepaskan emosi negatif dan pikiran yang membebaninya. Sehingga menjadi pengalihan yang sehat dan produktif untuk seseorang ketika memiliki kendala di pekerjaan atau masalah personal.

Semisalnya, ketika seseorang tertarik dengan kegiatan memancing. Ia akan sejenak merehatkan pikirannya dengan lebih fokus ke hal lain yang ada di sekitarnya seperti air dan alam. Ini membantu seseorang untuk melupakan sejenak masalah yang ada di luar dirinya dan fokus pada diri sendiri.

Hobi ternyata tidak hanya kegiatan menyenangkan saja, namun juga bisa menawarkan tantangan dan pengalaman yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Pada hal yang berkaitan dengan pekerjaan, biasanya tantangan yang didapatkan adalah stress dan tekanan untuk melakukan hal terbaik.

Namun dengan hobi, seseorang bisa menikmati proses mempelajari sesuatu yang baru tanpa merasa dipaksa atau merasa buruk ketika baru saja memulainya. Hobi menawarkan banyak tantangan yang berbeda, semisalnya seseorang terbiasa menghadapi tantangan secara mental di kantor, bisa mencoba melakukan hobi yang lebih menggunakan fisik atau memacu adrenalin, seperti memanjat tebing atau bermain kayak.

Selain dari manfaat secara mental, hobi juga ternyata bisa membantu pendapatan seseorang. Jika ternyata hobi yang dilakukan sangatlah bagus atau berpotensial, Anda dapat menggunakannya untuk mendapatkan pendapatan tambahan. Lebih bagus lagi, Anda bisa mengubah hobi Anda menjadi pekerjaan Anda.

Semisalnya, Anda menyukai berkebun dan menghabiskan banyak waktu untuk membuat kebun tampak bagus dan sehat. Anda mulai dapat menawarkan layanan kebun Anda ke pada orang lain dan mengubahnya menjadi pekerjaan tetap Anda. Ataupun ketika suka menggambar dan menghasilkan gambar yang bagus.
(mga)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *