Tips Makeup Sesuai Bentuk Wajah

WomanIndonesia.co.id – Merias wajah harus memperhatikan berbagai aspek agar wajah terlihat cantik, salah satunya yaitu memperhatikan bentuk atau struktur wajah sebelum memakai make-up.

Bentuk wajah dan paduan make-up dalam merias wajah sangat berpengaruh terhadap hasil dan penampilan riasan.

Berikut ini beberapa tips dan cara merias dan memberikan makeup sesuai dengan bentuk wajah :

1. Bentuk Wajah Persegi

Bentuk wajah persegi memiliki struktur garis tulang rahang yang keras pada bentuk wajah. Pada bagian rahang dan dahi berikanlah riasan yang lembut dengan teknik shading menggunakan foundation berwarna lebih gelap.

Perhatikan juga bentuk alis, untuk memperhalus garis-garis tulang yang menonjol. Untuk menarik perhatian, sapulah bibir anda dengan warna lipstik yang cerah dan gunakan blush-on warna gelap pada bagian yang tidak ingin ditonjolkan. Lalu sapukan blush-on warna terang untuk menonjolkan bagian yang ingin terlihat berbeda.

2. Bentuk Wajah Bulat

Bagi anda yang memiliki bentuk wajah bulat, gunakanlah foundation warna lebih gelap dari warna asli kulit. Pemberian foundation berwarna gelap ini dimaksudkan agar bentuk wajah terlihat lebih oval.

Bentuklah shading pada pipi dan rahang. Setelah itu, aplikasikan blush-on warna soft pink pada area pipi, tetapi hindari membaurkannya pada bantalan pipi. Hal tersebut dapat membuat wajah Anda semakin terlihat bulat. Untuk mata, sapukan eyeshadow warna gelap agar mata terlihat lebih tajam dan natural.

Terakhir jangan lupa pulaskan lipstik atau lipgloss warna lembut, untuk memberi kesan wajah lebih oval dan warna bibir tidak nampak menonjol.

3. Bentuk wajah oval

Beruntunglah bagi Anda yang memiliki bentuk wajah oval, karena semua proporsi bentuk wajah oval dianggap ideal. Untuk menyempurnakan penampilan Anda, perhatikan bentuk lengkungan alis, tetaplah menjaga lengkung alami dari alis Anda agar terkesan tidak terlalu dramatis.

Untuk riasan malam hari, tonjolkan riasan bibir atau mata untuk menarik perhatian. Jika Anda ingin membuat bentuk wajah lebih pendek atau lebih kecil, aplikasikan foundation dengan warna lebih gelap dari warna kulit asli Anda. Lalu terapkan blush-on pada bawah bantalan pipi.

4. Bentuk Wajah Hati

Bentuk wajah ini memiliki dahi yang cenderung lebar dan dagu yang kecil. Untuk menyempurnakan bentuk wajah Anda, sebaiknya alis mata dibiarkan tebal dan dengan bentuk lengkungan yang relatif lurus.

Hal ini untuk membantu mengimbangi bentuk wajah Anda. Untuk memberi kesan dagu tampak lebih lebar, oleskan concealer.

Concealer akan memperluas tampilan dagu. Bentuk wajah hati memiliki tulang pipi yang tinggi, maka hindarilah menggunakan terlalu banyak blush-on. Aplikasikan blushon dengan warna yang lebih gelap agar tulang pipi terlihat lebih pendek.

5. Bentuk Wajah Lonjong

Sedangkan bagi Anda yang memiliki wajah lonjong, sebaiknya ciptakan tampilan riasan bentuk oval yang ideal karena dapat membuat wajah Anda lebih pendek dan lebih luas.

Oleskan foundation cair sesuai dengan warna kulit ke seluruh wajah. Selanjutnya berikan bedak dengan warna gelap. Untuk menyamarkan potongan rahang yang kuat, Anda dapat membubuhkan blush-on warna gelap dari dagu hingga telinga.

Untuk riasan mata, cobalah bereksperimen dengan membubuhkan warna eyeshadow yang berani dan gunakanlah bulu mata palsu untuk membuat tampilan lebih dramatis.

6. Bentuk Wajah Segitiga

Bentuk wajah segitiga dapat dilihat dari ukuran dahi yang kecil. Agar terlihat lebih lebar, maka aplikasikan foundation dengan warna yang lebih muda dari warna asli kulit.

Untuk alis, hindari membentuk lengkungan yang tajam, karena akan membuat bentuk dahi Anda lebih kecil. Untuk riasan bibir gunakan warna lipstik yang sedikit terang, setelah itu berikan lipgloss agar tampilan lebih bersinar.
(eka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *