8 Tips Sukses Lolos Beasiswa

WomanIndonesia.co.id – Biaya seringkali menjadi kendala untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Namun begitu, bukan berarti kita tidak dapat melanjutkan sekolah dan meninggalkan mimpi-mimpi kita begitu saja.

Ada banyak cara untuk menggapai mimpi, dan salah satunya adalah dengan mendapatkan beasiswa. Berbagai lembaga memiliki program beasiswa yang dapat dipergunakan untuk melanjutkan sekolah, bahkan hingga ke luar negeri sekalipun.

Tentunya, beasiswa tersebut tidak dapat diperoleh begitu saja. Akan ada banyak persyaratan yang harus Anda penuhi dan para pencari beasiswa lainnya yang akan menjadi saingan Anda.

Anusorn Potchanabanpot, Country Director SCG di Indonesia berbagi tips agar Anda lolos seleksi. SCG, sebagai perusahaan konglomerasi di ASEAN secara aktif memberikan beasiswa bagi pelajar SMA dan mahasiswa di perguruan tinggi melalui program Sharing the Dream sejak tahun 2012.

Yuk, cermati delapan tips berikut!

1. Bergabung dengan komunitas pencari beasiswa

Kamu dapat bergabung dengan komunitas atau forum-forum untuk memperoleh informasi beasiswa. Terlebih lagi, banyak beasiswa yang secara reguler diberikan kepada pelajar di Indonesia, loh. Salah satunya adalah Beasiswa SCG Sharing the Dream, yang mana setiap tahunnya memberikan bantuan pendidikan kepada siswa-siswi berprestasi dan memiliki moral yang baik.

Kunjungi Website https://www.scg.com/id/sharingthedream/ atau https://instagram.com/scg_indonesia/ untuk mengetahui kapan program beasiswa SCG Sharing the Dream dibuka setiap tahunnya.

2. Cari beasiswa yang mensyaratkan penulisan esai

Beberapa orang akan malas dan melewatkan beasiswa yang mensyaratkan esai. Mendaftarkan diri pada beasiswa seperti ini dapat meningkatkan peluang keberhasilan kamu.

3. Periksa dan koreksi kembali

Kesalahan ejaan dan tata bahasa dapat membuat kamu didiskualiļ¬kasi. Periksa dan koreksi kembali esai kamu, dan mintalah bantuan orangtua, guru atau teman untuk memeriksanya juga. Semakin banyak yang membaca, semakin baik.

4. Lengkapi semua persyaratan

Saat kamu mengirimkan permohonan beasiswa, pastikan semua persyaratan telah dilengkapi. Aplikasi yang tidak lengkap biasanya akan berakhir dengan penolakan.

5. Kirim lebih awal

Jangan menunggu hingga tanggal jatuh tempo, kirimlah segera untuk mengantisipasi masalah dengan situs, koneksi internet, atau komputer kamu.

6. Ajukan beasiswa sebanyak mungkin

Jadikan pencarian beasiswa ini layaknya pekerjaan paruh waktu, dan luangkan waktumu untuk mencari dan melamar beasiswa. Selama masih ada kesempatan, ajukan beasiswa sebanyak mungkin.

7. Mencatat program beasiswa yang rutin diberikan setiap tahunnya

Mencatat program beasiswa yang rutin diberikan bisa menjadi pengingat kamu untuk mempersiapkan diri. Anda juga bisa memeriksa program beasiswa tersebut setiap tahunnya agar proses pendaftaran tidak terlewati.

Terlebih lagi, banyak beasiswa yang secara reguler diberikan kepada pelajar di Indonesia setiap tahunnya, seperti Beasiswa SCG Sharing the Dream, yang mana setiap tahunnya memberikan bantuan pendidikan kepada siswa-siswi yang berprestasi dan memiliki moral yang baik.

Kunjungi Website https://www.scg.com/id/sharingthedream/ atau https://instagram.com/scg_indonesia/ untuk mengetahui kapan program beasiswa SCG Sharing the Dream dibuka setiap tahunnya, ya!

8. Jangan menyerah

Jika kamu belum mendapatkan beasiswa, maka jangan pernah menyerah. Pemenang beasiswa yang paling sukses adalah mereka yang terus berusaha. Carilah beasiswa yang kamu sukai dan teruslah mendaftar. Semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *