Indeks
Cerita Kita
Thursday, November 13, 2025
No Result
View All Result
  • News
    • Economics & Culture
    • Entertaintment
    • Technology & Otomotive
  • Beauty
  • Lifestyle
    • Fashion
    • Financial
  • Healthy
    • Activity
    • Food
    • Mood
  • Relationship
    • Dating
    • Married
    • Parenting
    • Sex
  • Review
    • Books
    • Hotel & Resto
    • Movie
    • Travelling
  • Inspirations
    • Profile
    • Story
  • K-POP
  • Event
#Quotes
Home News Technology & Otomotive

Cara Mencegah Jadi Sasaran Objektifikasi di Media Sosial

Ditulis oleh Andi Mardana
8 May 2023 wi
in Technology & Otomotive, News
Cara Mencegah Jadi Sasaran Objektifikasi di Media Sosial_womanindonesia.co.id

Ilustrasi

76
SHARES
Share on FacebookShare on Twitter

Womanindonesia.co.id – Media sosial telah menjadi wadah bagi masyarakat untuk berinteraksi dan berbagi informasi. Namun, di balik kebebasan tersebut, terdapat fenomena yang kerap terjadi, yaitu objektifikasi terhadap tubuh perempuan.

Perempuan seringkali menjadi sasaran penjajakan, di mana tubuh mereka diekspos secara vulgar dan disamakan dengan objek seksual. Hal ini merugikan perempuan, karena dapat merusak harga diri, mengancam keselamatan, dan mengesampingkan potensi serta kepribadian mereka.

Artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai objektifikasi perempuan di media sosial, dampak yang ditimbulkan, serta upaya yang dapat dilakukan untuk mencegahnya.

Perempuan Kerap Menjadi Sasaran Objektifikasi di Media Sosial

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh tim peneliti diskusi komunikasi mahasiswa (Diskoma) Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada, diketahui bahwa objektifikasi perempuan semakin marak ditemukan di media sosial.

Hal ini dapat dilihat masih banyaknya akun media sosial seperti @ugmcantik, @uiicantikganteng, dan @uny_cantik yang masih menjadikan perempuan sebagai bahan objektifikasi.

Objektifikasi perempuan berarti perempuan sebagai objek bebas untuk dipandang, dinilai, dan juga dinikmati tanpa mempertimbangkan pendapat si pemilik tubuh. Persoalan ini tentu merupakan bentuk kesewenang-wenangan dan merugikan perempuan.

Dosen Ilmu Komunikasi UGM Dr. Dian Arymami, S.I.P., M.Hum, yang menekuni kajian media dan budaya, mengatakan objektifikasi perempuan justru dilakukan oleh diri sendiri dan bukan oleh orang lain.

“Ini dapat diamati dari semakin banyaknya foto-foto yang diunggah oleh pemilik akun media sosial yang menonjolkan tubuh secara berlebihan dan ini menjadi perdebatan yang terus menerus terkait bagaimana membedakan antara objektifikasi dan kesukarelaan,” kata Dian dalam keterangan tertulisnya baru-baru ini.

Jelasnya, kata Dian jika kita berbicara tentang media sosial saat ini, konten itu menjadi sebuah medium untuk mendapatkan penghasilan. Sehingga seorang perempuan dapat secara sadar dan sukarela mengobjektifikasi dirinya untuk kepentingan ekonomi.

Dampak objektifikasi antara lain, perempuan kerap mengalami ketidaknyamanan dan ketidakpuasan terhadap apa yang dimilikinya saat ini dan tubuhnya, serta ketakukan terhadap penilaian publik.

“Hal tersebut berpotensi memengaruhi mental dan psikologisnya, yang dapat mengakibatkan depresi,” katanya.

Sementara itu, Dosen Ilmu Komunikasi UPN Veteran Jakarta Dewanto Samodro, M.I.Kom mengungkapkan objektifikasi tidak selalu terjadi pada perempuan namun tak jarang juga laki-laki menjadi korban objektifikasi.

“Kalau pada laki-laki, objektifikasi terjadi pada idola, sementara pada perempuan, objektifikasi lebih bersifat umum,” tuturnya.

Menanggapi hal ini, kedua pembicara sepakat, perlunya perempuan memiliki kendali atas tubuh mereka agar tidak menjadi objek bagi orang lain.

Recommended By Editor

SIAL InterFOOD 2025: Barometer Inovasi dan Kolaborasi Global Industri F&B

GE HealthCare dan RS Mitra Keluarga Bekasi Timur Hadirkan Teknologi Kedokteran Nuklir Terbaru Hadir

The Independent School of Jakarta Membuka Pendaftaran Beasiswa Ki Hajar Dewantara

Brand yang Kuat di Dunia Digital Jadi Pilihan Utama Konsumen 2025


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Share30Tweet19Pin7

RELATED ARTICLES

SIAL InterFOOD 2025: Barometer Inovasi dan Kolaborasi Global Industri F&B_Womanindonesia.co.id
Hotel & Resto

SIAL InterFOOD 2025: Barometer Inovasi dan Kolaborasi Global Industri F&B

21 hours ago
Kika: - Kriswanto Trimoeljo – CEO GE HealthCare Indonesia - dr. Yudistira Wastu Putra, MARS., MM - Direktur Rumah Sakit Mitra Keluarga, Bekasi - dr. Esther Devina Panjaitan, SpKN – Dokter Spesialis Kedokteran Nuklir Rumah Sakit Mitra Keluarga, Bekasi
Healthy

GE HealthCare dan RS Mitra Keluarga Bekasi Timur Hadirkan Teknologi Kedokteran Nuklir Terbaru Hadir

7 days ago
The Independent School of Jakarta Membuka Pendaftaran Beasiswa Ki Hajar Dewantara-womanindonesia.co.id
Education

The Independent School of Jakarta Membuka Pendaftaran Beasiswa Ki Hajar Dewantara

7 days ago
Brand yang Kuat di Dunia Digital Jadi Pilihan Utama Konsumen 2025_womanindonesia.co.id
News

Brand yang Kuat di Dunia Digital Jadi Pilihan Utama Konsumen 2025

1 week ago
Tren Investasi Baru di Kalangan Milenial: DEX Jadi Favorit Pengguna PINTU_Womanindonesia.co.id
Technology & Otomotive

Tren Investasi Baru di Kalangan Milenial: DEX Jadi Favorit Pengguna PINTU

1 week ago
tiket.com Hadirkan Pengalaman Liburan Plus Apresiasi Lewat Program Top Spender 2025_womanindonesia.co.id
News

tiket.com Hadirkan Pengalaman Liburan Plus Apresiasi Lewat Program Top Spender 2025

1 week ago
Next Post
5 Selebriti Pria Terkenal yang Selingkuh Padahal Istrinya Cantik_womanindonesia.co.id

5 Selebriti Pria Terkenal yang Selingkuh Padahal Istrinya Cantik

WOMANINDONESIA

Informasi Terkini Untuk Perempuan Indonesia, Mulai Dari Kesehatan, Lifestyle, Keuangan, Fashion, Relationship, Food Review, Hot Issue Terkini dan Terbaru Hari Ini.

Topik Pilihan

usus makan uang bahan nasi run kerja anak iu kai sehat kesehatan ibu aman erha bar Indonesia os Me sel ikan alam

Informasi

  • About Us
  • Career
  • Media Kit
  • Contact Us
  • Sitemap

Alamat Redaksi

PT. Komunikasi Perkasa Indonesia. Epicentrum Walk Lt. 3 Unit A306-A307 Kawasan Rasuna Epicentrum Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan, Jakarta 12960.

: halo@womanindonesia.co.id
: 0812 8877 7317
: +62 812 8877 7317
: +62 812 8877 7317

BLOGROLL

  • Womenpedia
  • Trend.co.id
  • CaraLengkap.com
  • Create.web.id
  • DapurLetters.com
  • JasaSaya.com
  • KataSandi.com
  • zonanusantara.com
  • Desa.or.id
  • RedJasa.com
  • School.sch.id
  • SEO.sch.id
  • SLI.sch.id
  • Social.or.id
  • Whuzzz.com
  • TukuDong.com
  • Urbanoir.net
  • YPI.ac.id
  • idkoe.com
  • bukupandu.com
  • Privacy Policy
  • Term & Conditions
  • Indeks

© 2021 womanindonesia.co.id - All rights reserved. | DMCA.com Protection Status

No Result
View All Result
  • News
    • Entertaintment
    • Politics
    • Economics & Culture
    • Technology & Otomotive
  • Lifestyle
    • Beauty
    • Fashion
    • Financial
  • Healthy
    • Activity
    • Food
    • Mood
  • Relationship
    • Dating
    • Parenting
    • Married
    • Sex
  • Review
    • Hotel & Resto
    • Books
    • Movie
    • Music
  • Inspirations
    • Profile
    • Story
  • K-POP
  • Motivasi
    • Jiwa Bahagia
  • Quotes
  • Event

© 2021 womanindonesia.co.id - All rights reserved. | DMCA.com Protection Status

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In

Add New Playlist