Makan Nangka, Dapatkan Dua Manfaatnya

WomanIndonesia.co.id – Daging tebal berwarna kuning dan rasanya yang manis menjadi ciri dari nangka. Selain sebagai sumber vitamin C ini ternyata nangka menyimpan manfaat kesehatan lainnya, menurut penelitian.

Dilansir laman Medical News Today, kandungan nutrisi ini dapat memberikan manfaat lain, di antaranya:

Menurunkan kolesterol

Penelitian menyebutkan bahwa biji nangka dapat membantu mengurangi kadar kolesterol low-density lipoprotein (LDL) dan meningkatkan high-density lipoprotein (HDL).

Diketahui bahwa kolesterol LDL atau kerap disebut kolesterol jahat ini dapat menempel pada dinding dalam arteri. Bila endapan kolesterol ini menumpuk, dapat mempersempit aliran darah, meningkatkan tekanan darah dan risiko serangan jantung atau stroke.

Kesimpulan ini berdasarkan penelitian pada tahun 2015 yang menyelidiki manfaat biji nangka pada kolesterol tikus. Tikus yang mengonsumsi biji nangka itu justru mengalami peningkatan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dibanding tikus yang mengonsumsi biji nangka dalam jumlah lebih sedikit.

Menurunkan tekanan darah

Menurut American Heart Association (AHA), nangka merupakan makanan kayak kalium yang dapat membantu mengurangi tekanan darah.

Kalium sendiri dipercaya dapat menurunkan efek natrium dan mengurangi tekanan di dinding pembuluh darah.

AHA merekomendasikan agar orang dewasa mengonsumsi 4.700 miligram per hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *