Simak Wisata Populer yang Banyak Diminati di Indonesia

Womanindonesia.co.id – Traveling kini sudah menjadi bagian dari lifestyle yang tidak bisa dipisahkan dari keseharian masyarakat urban. Selama Mei 2019 terdapat hal-hal trivial yang berkaitan dengan traveling di platform daring.

Oleh karena itu, PT Kazee Digital Indonesia menyajikan Insight yang disusun dengan tujuan untuk memetakan arus data yang beredar terkait isu-isu strategis yang berhubungan dengan traveling selama kurun waktu satu bulan.

Data-data yang disajikan disusun berdasarkan hasil pengolahan big data yang dikurasi secara komprehensif mengikuti dinamika isu terkait tourism sepanjang 2019.

Sumber data dihimpun dalam sebuah sistem Kazee dari berbagai platform media online dengan persentase sumber lokal 3.394 data, sumber nasional 669 data dan sumber internasional 693 data.

Total data terkait tourism dengan kata kunci wisata atau pariwisata selama bulan Mei 2019 tersaring sebanyak 88.490 data dengan rincian portal berita (29.670 data), Twitter (55.300 data), Facebook (1.140 data), YouTube (2.180 data), Instagram (205 data).

Data tersaji menjadi beberapa bagian yaitu, wisata populer di Indonesia berdasarkan daerah, tempat wisata populer berdasarkan objek wisata, wisata unik berdasarkan jenis, situs online booking terpopuler, trend traveling terkini, keyword populer, tagar populer, serta alasan orang traveling secara mendadak dan terencana.

– Wisata Populer di Indonesia Berdasarkan Daerah

Wisata Pantai Belitung.(belitongenjoy.com)

Peringkat pertama diduduki Belitung sebanyak 41,4%, posisi kedua ditempati Bali sebesar 34,4%. Pada posisi ketiga ada Yogyakarta sebesar 19,4% disusul Jakarta sebesar 2,7% kemudian Papua diurutan kelima sebanyak 1,5% dan posisi ke enam ditempati Sulawesi dengan persentase 0,6%.

Wisata populer di Indonesia dalam pencarian selama bulan Mei 2019 menempatkan Belitung sebagai yang paling populer. Dengan jumlah ekspos sebanyak 6.209 data. Belitung memiliki objek wisata pantai yang dihiasi batu – batu karang yang cantik.

Pantai Belitung semakin populer ketika menjadi latar tempat film “Laskar Pelangi” di tahun 2008. Pantai Belitung terdiri dari gugusan pantai dan pulau yaitu Pantai Tanjung Kelayang, Pulau Kepayang, Pantai Tanjung Tinggi, Pulau Burung, Desa Nelayan Tanjung Binga, Pulau Lengkuas, Pantai Tanjung Marang Bulo, Pantai Batu Berlayar, Teluk Limau dan Pantai Penyabong.

Wisata bahari dengan pasir pantai yang eksotis menjadi tujuan para wisatawan yang ingin mencari suasana baru ketika berlibur. Pantai dengan keindahan alami yang instagrammable semakin naik pamor karena dibantu media sosial dalam penyebarannya.

– Tempat Wisata Populer Berdasarkan Objek Wisata

Stupa induk dan stupa teras Candi Boorobudur.(kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Bromo menduduki posisi pertama sebesar 45,8%, peringkat kedua diduduki Lawang Sewu dengan persentase 38,1%. Wisata populer ketiga disandang Candi Borobudur sebesar 17,0%, disusul Labuan Bajo dengan persentase 16,1%. Sementara Pulau Dewata berada diperingkat kelima 9,5% dan pantai Belitung ada diperingkat keenam dengan persentase 0,9%.

Objek Wisata yang juga populer yaitu Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang terletak di Jawa Timur. Taman Nasional ini menawarkan keindahan gunung juga hutan yang menakjubkan. Banyak pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan taman, mendaki gunung, atau sekedar berfoto naik kuda di kaki gunung.

Di taman nasional ini juga terdapat danau – danau yang sangat indah yaitu Ranu Pani, Ranu Regulo, dan Ranu Kumbolo. Taman Nasional ini juga pernah muncul dalam film “5 cm” yang menjadi film box office di Indonesia. Banyak para muda – mudi yang mengikuti tren film 5 cm.

Dampak positifnya, wisata dalam negeri menjadi bangkit kembali dan membantu perekonomian daerah sekitarnya.

– Wisata Unik Berdasarkan Jenis

Sebanyak 63,9% wisatawan melakukan kunjungan dengan berburu wisata kuliner, 20% wisata selfie – 20%, kemudian diurutan ketiga traveler melakukan wisata museum sebanyak 15,6%, dan yang tak kalah unik Wisata Horror sebesar 0,5%.

Seiring perkembangan zaman, wisata tidak hanya diterjemahkan sebagai bepergian ke suatu tempat, menikmati alam ataupun gedung bersejarah. Beberapa tahun terakhir berkembanglah tren wisata kuliner, yakni wisata menikmati kuliner terkenal di suatu daerah.

Belakangan ini wisata kuliner semakin diminati karena mudah dijalani dan tidak memakan ongkos yang besar. Para pelaku wisata kuliner ini kemudian mengunggah kegiatannya ke berbagai platform media sosial, seperti Instagram dan YouTube.

Kuliner yang diminati adalah kuliner khas yang asli dari daerah tersebut, tak jarang banyak masyarakat Indonesia yang baru tahu betapa kaya nya kuliner lokal. Tren wisata kuliner ini juga membawa dampak positif bagi perekonomian warga daerah, banyak yang berlomba – lomba membangun usaha kuliner dengan variasi baru dari kuliner lokal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *