Uncle Joe, Angkat Menu Angkringan Naik Kelas

WomanIndonesia.co.id – Ketika mendengar kata “Angkringan” yang terlintas di benak kita adalah nasi kucing, wedang jahe, aneka sate, gorengan dan makanan lainnya dengan harga yang sangat ramah di kantong. Angkringan adalah sebuah gerobak dorong yang menjajakkan berbagai macam makanan dan minuman di pinggir jalan.

Awalnya angkringan ini banyak dijumpai di Jawa Tengah, Klaten, dan Yogyakarta. Di Solo maupun Klaten angkringan dikenal sebagai warung hik (hidangan istimewa ala kampung) atau wedangan. Sekarang ini angkringan bis dijumpai di Ibukota Jakarta.

Selain menggunakan peralatan sederhana yakni gerobak ditutupi terpal dan lampu senthir, angkringan umunya berlokasi di pinggir jalan, sudut trotoar, dan tempat-tempat yang kurang nyaman.

Umunya masyarakat suka makan di angkringan pasalnya selain murah rasanya juga otentik, namun tempat kerap kali menjadi alasan penikmat kuliner tradiosional enggan mampir ke angkringan.

Melihat fakta ini, Johansyah Jumberan dan Victor G. Pramusinto, menghadirkan Angkringan Uncle Joe yang terinspirasi dari angkringan. Bukan sembarangan angkringan, Angkringan Uncle Joe menyediakan kuliner Nusantara dengan konsep modern angkringan high level, namun citarasa sangat menggoyang lidah dan harga ramah di kantong.

Mulai beroperasi sejak 1 Desember lalu, dengan outlet pertamanya di daerah Tangerang Selatan, tepatnya di Jl. Ir. H. Juanda No.107B, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, berdekatan dengan kampus UIN Syarif Hidayatullah, Uncle Joe hadir dengan konsep kuliner yang berbeda dari yang pernah ada.

Uncle Joe hadir membawa konsep kuliner Angkringan Jawa dengan desain lokasi yang nyaman dan modern. Bukan sekedar Angkringan, Uncle Joe menghadirkan konsep tempat yang cocok untuk segala suasana dan kebutuhan pelanggannya, mulai dari tempat nongkrong dengan teman, meeting, kerja, belajar, sampai ke event-event dengan kapasitas tertentu.

“Kita pengen naikin masakan nusantara biar pecinta kuliner menikmati dengan nyaman. Angkringan itu kan biasanya lesehan di pinggir jalan dan sudut trotoar. Buat kita ini makanan kadang enak cuman kadang gak nyaman karena tempat makannya. Nah, kita bawa angkringan naik level tapi dengan harga yang sama,” jelas Johan pada grand opening Angkringan Uncle Joe, Ciputat, Kamis (12/12).

Penataan tempat yang nyaman, dilengkapi area lesehan dan area terbuka untuk merokok, Uncle Joe menjadi satu pilihan baru untuk tempat kuliner di area Ciputat yang wajib untuk dicoba.

Uncle Joe merupakan bisnis kuliner pertama yang mereka kembangkan dan realisasikan sebagai pilot project dalam bisnis kuliner. Ide awal dalam membangun Uncle Joe adalah keinginan untuk mengembangkan kuliner nusantara, khususnya Angkringan, ditengah gempuran kuliner-kuliner barat dan Asia.

“Saat ini kita diserbu makanan western seperti maknan Korea, Jepang, dan Arab, jarang ada yang naikin maknan Indonesia. Di mall ada tapi harganya mahal dan rasanya biasa saja. Akhirnya kita bawa angkringan rasa otentik. Koki kita datangkan langsung dari Jawa. Sambel kita wajib ngulek,” terang Johan.

Angkringan sendiri adalah konsep kuliner khas jawa yang sudah ada sejak jaman dulu. Dimana biasanya ngkringan menjadi tempat makan sederhana dengan harga yang sangat terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat. Menu khas dari angkringan sendiri adalah Nasi Kucing dan beragam sate-satean yang bisa dibakar langsung.

Nasi Kucing sendiri adalah nasi bungkus dengan porsi kecil dan lauk yang sangat sederhana seperti Sambel, telur, tempe dan beragam variasi lainnya. Di daerah Jawa sendiri, Angkringan sudah sangat familiar sebagai tempat untuk nongkrong seluruh lapisan masyarakat khususnya untuk masyarakat kelas bawah karena harganya yang murah dan menu makanannya yang sangat cocok untuk teman nongkrong.

Walaupun mengusung konsep angkringan, Uncle Joe berbeda dengan angkringan yang sudah ada sebelumnya. Konsep lokasi yang nyaman dan cocok untuk segala suasana dan semua kalangan menjadi salah satu nilai lebih yang ditawarkan oleh Uncle Joe.

Selain itu, Uncle Joe juga menyediakan setidaknya 50 menu makanan dan minuman. Mulai dari nasi kucing, sate-satean, aneka masakan mie dan roti bakar, serta beragam makanan ringan lainnya juga menjadi menu yang wajib untuk dicoba di Uncle Joe.

Selain itu, Uncle Joe juga menyediakan beragam paket makanan dengan cita rasa khas Jawa lainnya seperti Pecel, Gudeg, Lodeh, dan beragam masakan jawa lainnya. Bagi anda yang ingin bernostalgia dengan kuliner-kuliner khas Jawa, Uncle Joe adalah pilihan yang tepat bagi Anda.

Angkringan biasanya cenderungg manis, disini kita coba menyesuaikan rasanya agar bisa diterima semua lidah Indonesia. Kita kurangin rasa manisnya tapi tetap otentik taste Jawa Tengah,” ujar Johan.

Dari sisi minuman, Uncle Joe menyediakan beragam pilihan minuman, mulai dari minuman tradisional seperti beragam minuman jahe, hingga minuman modern seperti beragam menu variasi kopi dan teh yang lagi trend saat ini.

Anda tidak perlu khawatir mengenai harga, pasalnya di Angkringan Uncle Joe harga makanan dan minuman sangat murah, mulai Rp3.000,- sampai Rp30.000,-. Untuk menu yang khas dan tempat yang nyaman, harga sangat affordable. Yuk, cobain menu khas angkringan murah meriah namun berkelas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *