Womanindonesia.co.id – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) meresmikan Digital Branch, sebuah model terbaru kantor cabang masa depan, di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara Jumat (25/8/2023). Kantor cabang inovatif ini menggabungkan elemen Cabang Konvensional dan Digital Lounge untuk memberikan pengalaman perbankan yang serba digital dan tetap menjaga kehadiran layanan personal yang ramah, khas CIMB Niaga.
Digital Branch ini menyuguhkan beragam fasilitas perbankan mutakhir yang sebelumnya terdapat di Digital Lounge, seperti mesin Self Service Banking, Video Banking, perangkat Tablet, OCTO Vending Machine, dan beragam layanan digital lainnya.
Semua fasilitas ini didukung oleh seorang Digital Service Officer yang siap memberikan bantuan kepada nasabah. Layanan digital ini menjadi pelengkap utama bagi kantor cabang konvensional, seperti Customer Service, Teller, CIMB Preferred Lounge, dan Safety Deposit Box yang tersedia di beberapa kantor cabang.
Presiden Direktur CIMB Niaga, Lani Darmawan, menjelaskan bahwa Digital Branch ini adalah langkah CIMB Niaga untuk mengikuti perubahan gaya hidup nasabah yang semakin cenderung ke transaksi perbankan yang cepat dan praktis dalam era digital. Namun, hal ini tidak berarti mengorbankan layanan personal yang menjadi ciri khas CIMB Niaga.
“Dengan kehadiran Digital Branch, nasabah dapat memilih antara layanan digital berbasis mandiri atau layanan personal dari Digital Service Officer dan staf CIMB Niaga,” kata Lani saat peresmian Peresmian Digital Branch di PIK, Jakarta, Jumat (25/8).
Digital Branch pertama di PIK merupakan bagian dari komitmen CIMB Niaga untuk terus menyediakan layanan perbankan terbaik kepada nasabah dan masyarakat Indonesia. Dengan pendekatan layanan berbasis hybrid, nasabah dapat menjalankan aktivitas perbankan sesuai dengan preferensinya.
Lani menambahkan, “Pembukaan Digital Branch ini menjadi langkah yang tepat menjelang perayaan Ulang Tahun CIMB Niaga yang ke-68 pada bulan September.”
Selain menciptakan kantor cabang yang menggabungkan elemen digital, CIMB Niaga juga mengutamakan keberlanjutan (sustainability). Digital Branch meminimalisir pemakaian kertas dan mengutamakan penggunaan furniture yang diproduksi oleh pengrajin UKM lokal.
Pendekatan ini selaras dengan kebijakan green office policy yang merupakan bagian dari komitmen CIMB Niaga terhadap implementasi Sustainable Development Goals (SDGs) dalam kegiatan operasional.
Praktik berkelanjutan ini terlihat dalam berbagai layanan perbankan yang ditawarkan di Digital Branch. Misalnya, saat membuka rekening tabungan, calon nasabah tidak perlu mengisi formulir tercetak. Mereka hanya perlu menggunakan KTP elektronik dan mengisi formulir digital yang tersedia, sehingga proses pembukaan rekening hanya memerlukan waktu kurang dari 5 menit.
Fasilitas video banking yang tersedia di luar jam operasional kantor cabang juga memungkinkan nasabah untuk melakukan beragam transaksi finansial dan non-finansial, mengakses informasi produk dan layanan, serta menyampaikan keluhan secara langsung melalui layar sentuh tanpa perlu mengisi formulir berbasis kertas.
Hal ini juga berlaku untuk pengajuan berbagai produk dan layanan CIMB Niaga lainnya yang dapat dilakukan secara digital.
Dengan hadirnya Digital Branch, CIMB Niaga berharap dapat semakin mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Pada tahun 2022, lebih dari 1,8 juta e-statemen yang diterbitkan secara paperless telah mengurangi penggunaan kertas sebanyak 27,7 ton. Dengan demikian, potensi emisi GRK yang dapat dihindari mencapai 13,86 ton setara dengan CO2.
Selain itu, optimisasi penggunaan perangkat digital di Digital Branch juga akan meningkatkan efisiensi waktu layanan. Sebagai contoh, jika sebagian besar pembukaan rekening dilakukan melalui mesin Self Service Banking dan Self Service Tablet, serta sebagian besar pelayanan penggantian Kartu Debit/Kartu Kredit dan pembaharuan data nasabah dilakukan melalui mesin Self Service Banking atau dengan bantuan Digital Service Officer, maka waktu layanan dapat dipersingkat hingga 50%.
Lani menutup peresmian Digital Branch ini dengan memberikan pandangan ke depan, “Setelah PIK, kami akan terus mengembangkan Digital Branch di kawasan lain sebagai solusi untuk mendukung beragam kebutuhan perbankan masyarakat di era yang telah berubah saat ini. Ke depan, kami berharap peningkatan layanan kantor cabang yang dilakukan secara bertahap ini dapat dinikmati nasabah CIMB Niaga di berbagai kota di Indonesia.”
Peresmian Digital Branch di PIK adalah langkah nyata CIMB Niaga untuk terus berinovasi demi memberikan layanan terbaik bagi nasabahnya sambil mendukung keberlanjutan lingkungan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News