Lakukan 7 Kebiasaan Ini untuk Penuaan Sehat

WomanIndonesia.co.id – Asia Pasifik merupakan kawasan dengan penuaan tercepat di dunia. Pada tahun 2050, orang tua yang berusia 60 tahun ke atas akan mencapai 24 persen dari populasi di Asia, melebihi jumlah kaum muda dan remaja antara usia 10 hingga 24 tahun dengan jumlah 2,1 miliar hingga 2,0 miliar. Dan ini termasuk banyak dari Anda yang berusia 30-an saat ini.

Sementara bertambahnya usia tidak terhindarkan, tidak begitu dengan peningkatan rasa tidak nyaman yang terjadi karena penuaan. Dengan kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan nutrisi, semakin banyak orang yang menyadari bahwa pengurangan fungsi tubuh dan mobilitas yang dialami beberapa orang dapat dicegah atau ditunda dengan membuat perubahan positif pada gaya hidup sejak dini.

Menurut Asia Pacific Healthy Aging Survey 2018 Herbalife Nutrition sebanyak 81 persen responden percaya bahwa mereka dapat menua secara sehat dengan memilih nutrisi yang lebih baik, dan 75 persen mengatakan penuaan yang sehat dapat dicapai melalui aktivitas fisik yang rutin.

Jadi mulailah perjalanan penuaan sehat Anda hari ini dengan Panduan Utama: Tampil dan Rasakan yang Terbaik di Segala Usia. Menampilkan tujuh kebiasaan gaya hidup positif untuk membantu memaksimalkan hidup Anda di usia 30an, 40an.

“Kami sangat menganjurkan Anda untuk mencobanya, dan berbagi kebiasaan positif ini dengan teman dan kkekeluarga Anda sehingga lebih banyak manfaat dari hidup sehat lebih lanjut menuju tahun keemasan,” kata Dr. Kent Bradley, Herbalife Nutrition NAB pada media briefing Herbalife di Jakarta, Sabtu (16/11).

1. Jaga Tulang Dengan Baik

Massa tulang tubuh kita memuncak pada usia 30-an dan 40-an, sebelum kita mulai kehilangan kalsium dan mineral lainnya secara alami. Ini terutama berlaku bagi wanita setelah menopause, yang akan mengalami penurunan cepat kalsium tulang di usia lanjut.

Menurut Asia Pacific Healthy Aging Survey 2017 Herbalife Nutrition 53 persen konsumen Asia Pasifik memberi perhatian terhadap masalah terkait tulang seiring bertambahnya usia.

Tips Kesehatan Tulang Untuk Penuaan Sehat:

– Pertahankan tulang yang sehat sejak dini dengan melatih kekuatan dan menahan beban dalam rutinltas olahraga Anda.
– Konsumsi makanan berkalsuim tinggi seperti susu atau kacang kedelal.
– Sertakan makanan dan suplemen yang mengandung vitamin D dan Magnesium untuk membantu penyerapan dan pemanfaatan kalsium bagi tubuh Anda.

2. Pertahankan Sendi

Sementara faktor-faktor yang berkaitan dengan usia dapat berkontribusi terhadap perubahan degeneratif pada sendi kita, dengan melakukan langkah-langkah aktif untuk mempertahankan sendi dapat membantu kita dalam mempertahankan fungsi mobilitas dan kenyamanan sendi seiring bertambahnya usia.

Menurut Asia Pacific Healthy Aging Survey 2017 Herbalife Nutrition, 53 persen konsumen Asia Pasifik memberi perhatian terhadap masalah-masalah terkait-sendi seiring bertambahnya usia.

Tips Kesehatan Sendi Untuk Penuaan Sehat:
– Masukkan latihan fleksibilitas dan peregangan ke dalam rutinitas olahraga harian Anda.
– Beri dukungan pada fungsi sendi yang sehat dengan mengonsumsi makanan dan suplemen yang mengandung glukosamin dan sumber mineral yang baik untuk mendukung pertahanan tubuh Anda.

3. Lindungi Penglihatan Anda

Salah satu tanda awal penuaan adalah berkurangnya kemampuan untuk melihat sesuatu dengan jelas dari dekat – kondisi ini disebut presbiopia. Memberi perhatian terhadap kesehatan mata Anda sejak dini dapat memainkan peran kunci untuk mendukung pengelihatan yang sehat seiring bertambahnya usia.

Menurut Survei Penuaan Sehat Herbalife Nutrition Asia Pasifik 2017, 46 persen konsumen Asia Pasifik memberi perhatian terhadap masalah yang berkaitan dengan pengelihatan seiring bertambahnya usia.

Tips Kesehatan Mata Untuk Penuaan Sehat:
– Kenakan kacamata hitam untuk mencegah kerusakan mata.
– Istirahatkan pandangan Anda dari perangkat elektronik setiap 30 menit dan fokuskan mata Anda pada objek yang jauh.
– lsi kembali lutein pada mata melalui makanan-makanan sehat seperti bayam, kangkung, wortel, brokoli, telur, paprika merah dan kuning, jagung dan tomat.

4. Prioritaskan Kesehatan Jantung

Jantung adalah pusat dari segala organ yang memberi kehidupan pada tubuh kita. Dari pembagian oksigen hingga keberhasilan sistem kekebalan tubuh, maka mempertahankan jantung yang sehat sangat penting untuk kebugaran kita secara keseluruhan seiring bertambahnya usia.

Menurut Asia Pacific Healthy Aging Survey 2017 Herbalife Nutrition, 45 persen konsumen Asia Pasifik memberi perhatian terhadap masalah yang berkaitan dengan jantung seiring bertambahnya usia.

Tips Kesehatan Jantung Untuk Penuaan Sehat:
– Hindari merokok.
– Melakukan olahraga kardio setidaknya tiga kali seminggu.
– Menjaga pola makan yang kaya akan buah, sayuran, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, ikan, protein kedeIai dan serat.

5. Jaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Saluran pencernaan kita berkontribusi terhadap kebugaran dengan menyerap nutrisi dan melancarkan pencernaan. Sayangnya, banyak orang menderita ketidaknyamanan pada perut dan masalah pencernaan lain yang dapat meningkat seiring bertambahnya usia.

Menurut Asia Pacific Healthy Aging Survey 2017 Herbalife Nutrition, 29 persen konsumen Asia Pasifik memberi perhatian terhadap kesehatan pencernaan mereka seiring bertambahnya usia.

Tips Kesehatan Pencernaan Untuk Penuaan yang Sehat:
– Makan dengan porsi cukup.
– Pastikan untuk minum banyak air.
– Hindari makanan yang tin gi lemak, sebagai antinya, tambahkan lebih banyak buah dan sayuran berwarna pada piring makanan.

6. Buat Pikiran Anda Tetap Aktif

Selain menjaga kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental juga sama penting untuk menghindari demensia sambil mengisi hidup dengan hal-hal yang menyenangkan seiring bertambahnya usia.

Menurut Asia Pacific Healthy Aging Survey 2017 Herbalife Nutrition, 44 persen konsumen Asia Pasifik memberi perhatian terhadap masalah yang berkaitan dengan pikiran seiring bertambahnya usia. “Sebelum memulai aktivitas fisik, silahkan berkonsultasi dengan dokter anda,” kata dr. Kent.

Tips Kesehatan Mental Untuk Penuaan Sehat:
– Jaga agar pikiran Anda tetap aktif dengan terlibat dalam kegiatan yang Anda sukai.
– Habiskan waktu di alam, temukan hobi baru, belajar keterampilan atau mengambil kelas musik akan membantu pikiran tetap aktif.
– Tidur yang cukup untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi.

7. Olahraga Secara Teratur

Saat metabolisme melambat seiring bertambahnya usia, mempertahankan berat badan yang sehat menjadi tantangan yang terus-menerus. Dengan berolahraga secara teratur, akan membantu Anda meningkatkan metabolism, membangun massa otot, dan membakar lebih banyak kalori untuk mempertahankan berat badan yang sehat.

Menurut Asia Pacific Healthy Aging Survey 2017 Herbalife Nutrition, 28 persen konsumen Asia Pasifik memberi perhatian terhadap kenaikan berat badan terkait meningkatnya usia. Dengan berolahraga secara teratur, akan membantu meningkatkan metabolisme.

Tips Olahraga Untuk Penuaan yang Sehat:
– Buat rencana olahraga secara teratur denganjenis aktivitas yang Anda sukai.
– Beri target setidaknya melakukan aktivitas flsik tingkat medium dan rutin selama 30 menit setiap hari.
– Hadiahi diri Anda sendiri ketika mencapai tujuan kebugaran untuk membuat Anda semangat dan termotivasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *