Melamar pekerjaan melalui sosial media tidak semudah membalikkan telapak tangan. Anda harus cermat dalam melihat informasi lowongan pekerjaan.
Womanindonesia.co.id – Mendapatkan pekerjaan memang tak mudah, apalagi jika saat melamar pekerjaan dalam suatu perusahaan pastinya Anda bukan satu-satunya pelamar. Anda bisa saja kalah dengan kandidat lainnya.
Ini terjadi bukan karena Anda tak punya kualifikasi, melainkan karena dokumen lamaran Anda tak lolos screening. Oleh karena itu penting untuk Anda mengetahui tips melamar pekerjaan melalui sosial media berikut ini.
Tips Melamar Pekerjaan Melalui Sosial Media
1. Bacalah Deskripsi Pekerjaan dengan Seksama
Saat Anda menemukan informasi lowongan kerja online, hal yang paling pertama harus dilakukan adalah membaca deskripsi pekerjaan dengan seksama. Jangan langsung apply, lihat apa yang dibutuhkan perusahaan lewat deskripsi tersebut serta apakah anda mampu dengan deskripsi pekerjaan tersebut.
2. Pelajari perusahaan idaman dengan cermat
Layaknya ketika Anda ingin berpacaran, melamar pekerjaan juga harus melibatkan ‘pendekatan’ dan ‘pemahaman’ mendalam terkait perusahaan yang menarik perhatian Anda. Banyak sumber perusahaan yang bisa Anda intip dalam melaksanakan langkah ini, seperti situs resmi, media sosial, serta berita terbaru terkait perusahaan tersebut.
Mempelajari perusahaan idaman akan memberi Anda insight berharga yang memudahkan Anda untuk menuliskan surat lamaran yang terpersonalisasi dengan baik.
3. Menyiapkan Data yang Diminta Perusahaan
Secara umum saat pengajuan lamaran kerja tentu Curiculum Vitae atau profile diri adalah hal yang sangat dibutuhkan. Ini bisa memudahkan perusahaan untuk mengenal pelamar hanya dengan sebuah profile. Namun data yang dibutuhkan untuk pertimbangan nyatanya bukan hanya profile lengkap saja.
Ada beberapa data lain yang biasanya diwajibkan oleh perusahaan seperti scan ijazah terakhir. Oleh sebab itu, sebelum mengajukan lamaran siapkan terlebih dahulu data apa saja sih yang dibutuhkan.
Bila sudah tahu, siapkanlah dengan baik, jangan lupa cek kembali data lengkapnya sebelum mengirim, jangan sampai ada kesalahan sedikitpun.
4. Lamar lewat situs pencari kerja
Kata siapa berburu kerja online hanya bisa dilakukan lewat email? Anda juga bisa memanfaatkan situs pencari kerja, lho. Jalan ini justru punya kelebihan tersendiri. Di situs pencari kerja, kamu akan mendapat notifikasi soal kemajuan atau perubahan lamaran Anda.
Beberapa situs malah rutin mengirimkan rekomendasi lowongan kerja kepada Anda lho. Glints adalah salah satunya. Anda juga bisa menelusuri ribuan lowongan pekerjaan yang ada di Glints dan langsung apply. Lowongannya terbuka di banyak bidang, seperti marketing, sales, finance, management trainee, HRD, dan teknik.
5. Gunakan alamat e-mail yang profesional
Dalam melamar kerja, Anda sangat disarankan mencantumkan alamat e-mail yang menunjukkan persona sebagai individu profesional. Artinya, pastikan alamat email Anda tidak memiliki elemen yang memunculkan kesan ‘alay’ di benak recruiter. Nah lho.
Misalnya, gunakan alamat email yang sepenuhnya menggambarkan nama Anda dan tidak mengandung kata lain yang tidak berkaitan dengan diri Anda. Usahakan pula agar alamat e-mail tidak mengandung elemen angka atau simbol yang berlebihan. Sederhananya, buatlah alamat Anda simpel dengan nama asli Anda.
Itulah beberapa tips melamar pekerjaan melalui jejaring sosial media. Semoga bermanfaat!
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News