Penderita Diabetes Bolehkah Minum Jus?

WomanIndonesia.co.id – Jus diklaim memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh. Sebut saja, menurunkan berat badan, memberikan nutrisi, dan menyehatkan pencernaan. Tapi, apakah jus aman bagi penderita diabetes?

Dilansir laman Healthline, jus adalah proses ekstraksi buah atau sayuran. Cairan tersebut mengandung vitamin, mineral, hanya saja berkurang seratnya.

Penelitian menunjukkan bahwa minum jus buah dan sayuran merupakan cara efisien untuk mendapatkan manfaat, termasuk prebiotik, jenis karbohidrat untuk bakteri sehat di usus yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.

Baca Juga Cegah Kematian Dini, Kurangi Minuman Manis

Namun, minum jus itu sendiri berpotensi meningkatkan gula darah dengan cepat, khususnya bagi penderita diabetes. Sehingga, minum jus itu 100 persen tidak dihubungkan dengan peningkatan diabetes.

Oleh karena itu, penderita diabetes mesti memantau dan mengendalikan asupan karbohidrat dengan hati-hati agar kadar gula darah seimbang. Oleh karena itu, disarankan penderita diabetes untuk makan asupan dengan tinggi serat guna memperlambat laju penyerapan gula dari saluran pencernaan Anda.

Untuk penderita diabetes, disarankan membuat jus di rumah dengan mencampurkan mentimun, lemon atau jeruk nipis untuk mereduksi karbohidrat berlebihan. Atau membuat jus sayuran seperti seledri, bayam, kangkung, dan tomat.

Untuk ukuran porsi 100 persen jus biasanya berukuran 0,5 gelas (setara 4 ons atau 119 ml).

Jadi, penderita diabetes tidak masalah mengasup jus asalkan lebih fokus pada jus sayuran karena tinggi serat untuk menekan kadar gula dan membuat lebih kenyang.

Baca Juga Duh! Kale Paling Terkontaminasi Pestisida