Baru Menikah? Inilah 5 Tips Atur Keuangan yang Perlu Anda Coba

WomanIndonesia.co.id – Apakah Anda pasangan yang baru menikah dan kebingungan untuk mengatur keuangan bersama pasangan?

Sudahkah Anda dan meluangkan waktu untuk mendiskusikan soal ini? Memang sebaiknya hal ini sudah didiskusikan sebelum menikah. Jika Anda belum sempat mendiskusikannya, segera diskusikan tentang apa pun yang ada sangkut pautnya dengan keuangan

Yuk kita simak beberapa tips yang bisa Anda terapkan, khususnya bagi pasangan muda seperti yang dikutip dari laman Cermati berikut ini:

Baca terus womanindonesia.co.id untuk mendapatkan informasi penting bagi kehidupan Anda.

Baca juga Siapa Bilang Perempuan Tak Bisa Mandiri, Simak Tips Ini

Kiat Hindari Uang Hilang Saat Anda Berlibur

Lima Alasan Mengapa Butuh Dana Darurat

1. Mulailah Berdiskusi Mengenai Keuangan Masing-masing

Diskusikan dengan terbuka tentang uang yang Anda miliki kepada pasangan. Dari mana mendapatkannya dan ke mana nantinya uang tersebut dibelanjakan.

Begitu pun sebaliknya, pasangan Anda juga mesti terbuka dengan keuangannya. Dengan demikian, Anda dan pasangan bisa mengaturnya sedemikian rupa.

2. Tulis Impian yang Ingin Kalian Raih Bersama

Setelah Anda saling memahami dan mengerti tentang kepemilikan uang masing-masing, segeralah diskusikan yang ingin kalian miliki nanti. Mungkin saja Anda ingin merintis dan mengembangkan usaha. Namun, pasangan Anda tidak menyetujui dan menginginkan uang tersebut digunakan untuk hal yang lain.

Di sinilah Anda dan pasangan menjelaskan keinginan dan alasan kenapa keinginan tersebut perlu direalisasikan. Pengertian satu sama lain berperan dalam hal ini agar tidak ada masalah ke depannya nanti. Rencanakan tujuan-tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang Anda dan pasangan ingin wujudkan.

3. Pengelolaan Keuangan dalam Rekening Bersama atau Masing-masing

Apakah ada rencana untuk membuka rekening bersama atau membuka rekening sendiri-sendiri. Sejauh mana keterbukaan dalam mengelola uang di dalam rekening tersebut.

Ide untuk membuat rekening bersama adalah hal yang patut untuk dicoba. Karena selain dapat memberikan kesan khusus untuk mengatur biaya setelah pernikahan, hal tersebut juga dapat dijadikan alasan untuk menabung.

Kalau Anda dan pasangan sudah sepakat membuka rekening bersama (joint account) sebagai rekening khusus tabungan, selanjutnya diskusikan apakah masih perlu membuka atas nama sendiri-sendiri.

4. Proteksi Keuangan dan Dana Darurat

Tentukan persentase penghasilan yang dikhususkan untuk menabung keperluan dana darurat. Biasanya, dana darurat ini dialokasikan untuk kebutuhan mendesak dan tidak terduga, misalnya sakit, musibah kecelakaan, dan sebagainya.

Untuk proteksi terhadap risiko yang tidak terduga, Anda bisa mengikuti program asuransi. Ikutlah program asuransi untuk kesehatan, pendidikan anak, dan lain sebagainya. Nantinya itu sangat membantu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

5. Tentukan Anggaran Belanja

Mengenai anggaran belanja, Anda harus jeli dan pandai-pandai dalam memanfaatkan uang. Utamakan kebutuhan pokok terlebih dahulu dan jangan terlalu boros dalam melakukan pembelanjaan. Bahkan, sebaiknya untuk saat ini yang perlu menjadi fokus Anda adalah berhemat dan menabung.
(eka)